MAKALAH MANAJEMEN INDUSTRI BENIH
“DIVISI PEMASARAN”
Disusun Oleh :
Edo Randi Sebayang
|
J3G112010
|
Nurhaniah Retno Eka
|
J3G112091
|
Ulfa Rafiqha
|
J3G112027
|
May Lestari Butar Butar
|
J3G112003
|
Erwin Syahroni
|
J3G112107
|
Putri Komala
|
J3G212122
|
Nabila Syakira
|
J3G112046
|
PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI INDUSTRI BENIH
PROGRAM DIPLOMA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan YME, berkat rahmat dan hidayah-Nya lapporan
keuangan ini dapat terselesaikan dengan sebaik-baiknya dalam memenuhi salah satu tugas dalam mata
kuliah Manajemen Industri Benih.
Laporan ini diharapkan tidak hanya untuk memenuhi syarat nilai mata
kuliah Manajemen Industri Benih, tetapi
juga diharapkan dapat berguna dalam menambah wawasan bagi pembaca.
Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada tim
dosen mata kuliah Manajemen Industri Benih yang telah memberikan bimbingan dan
pengajarannya selama kuliah dan pratikum sehingga penulisan laporan ini dapat
diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, serta kepada teman-teman TIB angkatan
49 yang telah saling
bekerjasama dan mendukung dalam proses pembuatan laporan ini.
Kami menyadari bahwa di dalam laporan ini terdapat
banyak kekurangan yang oleh karenanya saran dan kritik untuk perbaikan sangat
diharapkan demi kesempurnaan dalam pembuatan laporan di lain waktu.
Bogor, Oktober 2014
Tim penyusun
I. PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Pemasaran merupakan salah satu ekonomi yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan didalam pangsa pasar. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan produk.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
strategi pemasaran : faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan
masyarakat,(2) faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum,
teknologi/fisik dan sosial/budaya. Sedangkan strategi dan kiat pemasaran dari
sudut pendangan penjual (4 P) adalah tempat yang strategis (place),
produk yang bermutu (product), harga yang kompetitif (price) dan
promosi yang gencar (promotion). Sedangkan dari sudut pandang pelanggan
(4 C) adalah kebutuhan dan keinginan pelanggan (customer needs and wants),
biaya pelanggan (cost to the customer), kenyamanan (convenience)
dan komunikasi (comunication). Tujuan akhir dan konsep, kiat dan
strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (“total Customer
Statisfaction”). Kepuasan pelanggan sepenuhnya bukan berarti memberikan
kepada apa yang menurut kita keinginan dari mereka, tetapi apa yang
sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan. Mutu
yang lebih tinggi menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, sekaligus
mendukung harga yang lebih tinggi dan sering juga biaya lebih rendah. Eksekutif
puncak masa kini melihat tugas meningkatkan dan mengendalikan mutu produk
sebagai prioritas utama, sehingga setiap industri tidak punya pilihan lain
kecuali menjalankan manajemen mutu total (“Total Quality Management”).
1.2.Pokok Pembahasan
Perumusan masalah yang akan dibahas antara lain :
1.
Profil Perusahaan
3.
Stuktur organisasi
4.
Rencana pemasaran komoditi palawija
5.
Rencana pemasaran komoditi hortikultura
6.
Promosi dan periklanan
7.
Sistem informasi pemasaran
8.
Jobdesk
II. TINJAUAN PUSTAKA
Manajemen Pemasaran adalah
perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk
tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi
pemasaran, yang ditujukan untuk menciptakan pertukran yang dapat memenuhi
tujuan individu maupun organisasi (Pengertian manajemen pemasaran menurut American
Marketing Association).
“Manajemen pemasaran adalah
analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang
menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran
organisasi (Philip kolter, 2014).
Manajemen Pemasaran adalah
merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan
ataupun bagian dipemasaran (Buchari, 2004).
Satu kegiatan-kegiatan pokok yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya,
untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh
sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan.
Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen
jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan
yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta, 1982).
III. HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1.Profil Perusahaan
PT. Emeral Seed dibangun di
indonesia sejak tahun 2014 dengan kantor pusat yang berlokasi di Jl. Cilibende
No. 11- Bogor/16151.
Berdiri nya perusahaan ini
diprakarsai oleh sekumpulan mahasiswa benih yang ingin memajukan pertanian
indonesia dengan memenuhi kebutuhan benih palawija dan hortikultura di
indonesia.
Logo PT. Indo Emerald Seed
Gambar 1 Logo PT. Indo Emerald Seed
3.2.Visi dan Misi
Visi
“Menjadi Sebuah Perusahaan Benih yang
terdepan di tingkat nasional maupun internasional”
Misi
“Menjalankan bisnis utama bidang benih, mendukung program pemerintah dalam
rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional,menjadi mitra usaha yang
mempunyai reputasi baik dan terpercaya serta memberikan manfaat yang
sebesar-besarnya bagi mitra Perusahaan”
3.3.Stuktur Organisasi
Gambar 2. Stuktur Organsasi Divisi Pemasaran
3.4. Rencana Pemasaran Benih Palawija
a.Tabel 1. Pemasaran Palawija
Benih palawija : 2000 ton
JH : 40%
JK : 35%
KD : 25%
Benih
|
Per tahun
|
Musim Hujan 55%
|
Musim Kemarau 45%
|
||||||||||
Juli
|
Agust
|
Sept
|
Okt
|
Nov
|
Des
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||
JH
|
800 Ton
|
73.3
|
73.3
|
73.3
|
73.3
|
73.3
|
73.3
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
JK
|
700 Ton
|
64.17
|
64.17
|
64.17
|
64.17
|
64.17
|
64.17
|
52.5
|
52.5
|
52.5
|
52.5
|
52.5
|
52.5
|
KD
|
500 Ton
|
45.83
|
45.83
|
45.83
|
45.83
|
45.83
|
45.83
|
37.5
|
37.5
|
37.5
|
37.5
|
37.5
|
37.5
|
3.4.Rencana Pemasaran Benih Hortikultura
a.Tabel
2. Pemasaran Benih Hortikultura: 20
ton
Cabai :
55%
Tomat :
45%
Benih
|
Per tahun
|
Musim Hujan 55%
|
Musim Kemarau 45%
|
||||||||||
Juli
|
Agust
|
Sept
|
Okt
|
Nov
|
Des
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||
Cabai
|
11 Ton
|
1,01
|
1,01
|
1,01
|
1,01
|
1,01
|
1,01
|
0,83
|
0,83
|
0,83
|
0,83
|
0,83
|
0,83
|
Tomat
|
9
Ton
|
0,83
|
0,83
|
0,83
|
0,83
|
0,83
|
0,83
|
0,68
|
0,68
|
0,68
|
0,68
|
0,68
|
0,68
|
Kebutuhan pemasaran pada masing-masing daerah
a. Palawija
Komoditi
|
Wilayah
|
Persentase
|
juli
|
agustus
|
sept
|
okt
|
nov
|
des
|
jan
|
mar
|
apr
|
mei
|
juni
|
juli
|
Musim hujan
|
Musim kemarau
|
|||||||||||||
JH
|
Jawa barat
|
40 %
|
29,32
|
29,32
|
29,32
|
29,32
|
29,32
|
29,32
|
24
|
24
|
24
|
24
|
24
|
24
|
Banten
|
20 %
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
Jatim
|
20 %
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
jogja
|
2
%
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2,44
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
JK
|
Jateng
|
35%
|
3,74
|
3,74
|
3,74
|
3,74
|
3,74
|
3,74
|
3,00
|
3,00
|
3,00
|
3,00
|
3,00
|
3,00
|
Jabar
|
40%
|
4,48
|
4,48
|
4,48
|
4,48
|
4,48
|
4,48
|
3,5
|
3,5
|
3,5
|
3,5
|
3,5
|
3,5
|
|
jogja
|
25%
|
2,67
|
2,67
|
2,67
|
2,67
|
2,67
|
2,67
|
2,19
|
2,19
|
2,19
|
2,19
|
2,19
|
2,19
|
|
KD
|
Jatim
|
44%
|
3,36
|
3,36
|
3,36
|
3,36
|
3,36
|
3,36
|
2,75
|
2,75
|
2,75
|
2,75
|
2,75
|
2,75
|
Jabar
|
35%
|
2,67
|
2,67
|
2,67
|
2,67
|
2,67
|
2,67
|
2,19
|
2,19
|
2,19
|
2,19
|
2,19
|
2,19
|
|
Jateng
|
21%
|
1,60
|
1,60
|
1,60
|
1,60
|
1,60
|
1,60
|
1,31
|
1,31
|
1,31
|
1,31
|
1,31
|
1,31
|
b. Hortikultura
Komoditi
|
Wilayah
|
Persentase
|
juli
|
agustus
|
Sept
|
okt
|
nov
|
des
|
jan
|
mar
|
apr
|
mei
|
juni
|
juli
|
Musim hujan
|
Musim kemarau
|
|||||||||||||
cabai
|
bandung
|
35 %
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
ciwidey
|
30 %
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,04
|
0,04
|
0,04
|
0,04
|
0,04
|
0,04
|
|
magelang
|
35 %
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
|
tomat
|
magelang
|
30%
|
0,04
|
0,04
|
0,04
|
0,04
|
0,04
|
0,04
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
lembang
|
45%
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,06
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
0,05
|
|
bandung
|
25%
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
0,03
|
3.5.Promosi dan periklanan
Promosi yang biasa dilakukan setiap perusahaan seperti pasang iklan baris di Koran, pasang
iklan dibuku telepon (yellow pages), pasang iklan di pusat perkulakan, aktif
mendekati konsumen lewat telepon, mendatangi langsung konsumen yang prospektif.
Pomosi yang dilakukan oleh PT Indo Emerald Seed berupa membuat kalender,
pembuatan kaos, pembuatan topi, pembuatan bander, penyuluhan, pemasangan iklan
baris di Televisi.
3.6.Sistem Informasi Pasar (Saluran Pemasaran)
Salah satu definisi saluran pemasaran di
nyatakan oleh koteler (2000:490): saluran pemasaran adalah lembaga yang saling
berkait untuk menjadikan produk atau jasa siap di gunakan di konsumsi. Jadi adalah tugas
saluran pemasaran untuk memindahkan barang dan produsen ke konsumen.
Saluran pemasaran ini
sangat pengting bagi produsen, sebab produsen tidak akan sanggup menyalurkan
hasil produksinya sampai ke tangan konsumen. Produsen tidak mungkin melaksanakan
sendiri penyaluran hasil produknya, karena tidak efesien, modal investasi
besar, pengawasan lebih sulit, banyak personil, dan sebagainya. Mereka sulit
menjangkau daerah geografis yang begitu luas. Bagi produsen menggunakan saluran
pemasaran bebas akan sangat bermanfaat , karena saluran pemasaran ini akan
berfungsi sebagai :
- Pemberi informasi tentang keadaan lapangan, adaya saing, penerimaan konsumen, selera konsumen.
- Penyalur dapat mengadakan promosi yang turut membantu kelancaran pemasaran, atau produsen menyelenggarakan promosi sendiri, yang sangat membantu usaha penyalur.
- Negoisasi, dilakukan oleh penyalur dengan pihak konsumen, tentang harga, sistem penyaluran.
- Pembiayaan dilakukan sendiri oleh penyalur dan dalam beberapa hal dapat bekerjasama dengan produsen dengan penyediaan kredit perdagangan.
- Unsur resiko di pikul sendiri oleh pihak penyalur, kecuali ada perjanjian khusus, dalam hal barang kadaluarsa, barang rusak.
- Sistem penggudangan barang di laksanakan oleh pihak penyalur.
- Sistem transportasi, di bawa langsung oleh pihak penyalur atau di antar sesuai dengan perjanjian antara produsen dan penyalur.
Berikut ini bagan penyebaran benih PT Indo Emerald Seed
Gambar 3. Bagan Distribusi Benih
3.7.Tugas dan wewenang
Pada tingkat pimpinan pemasaran adalah penekanan pada analisis struktur
pasar , orientasi dan dukungan pelanggan, serta memposisikan perusahaan dalam
mengawasi rantai nilai (value chain). Dalam sebuah perusahaan terdapat bagian
masing-masing seperti, bagian promosi dan periklanan, bagian penjualan atau
produksi, bagian sistem informasi pemasaran
3.7.1.Manager
Tugas dan wewenang seorang manager pemasaran yaitu membuat, merumuskan,
menyusun, menetapkan konsep dan rencana umum perusahaan. Mengarahkan karyawan untuk meningkatkan
seluruh sumber daya yang ada, serta memberikan kemampuannya secara optimal
untuk menjalankan perusahaan secara profesional.
- Persyaratan
1.
Minimal lulusan S2 managemen
2.
Memiliki pengalaman kerja ± 5 tahun
3.
Bebas dari kasus hukum
4.
Aktif berbahasa inggris
5.
Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik
3.7.2.Sekertaris
- Tugas:
1. Mengonsep surat perjanjian kerjasama
dengan relasi atau instansi luar
2. Menyusun surat rahasia (confidential)
3. Menyusun acara pertemuan bisnis
4. Menyiapkan agenda rapat, menyiapkan
laporan, serta menyiapkan pidato atau pernyataan manajer
5. Membuat ikhtisar dari berita-berita dan
karangan yang termuat dalam surat kabar, majalah, brosur, dan media-media lain
yang ada kaitannya dengan kepentingan perusahaan
6. Mengoreksi bahan-bahan cetakan, misal:
brosur, undangan, formulir, dan daftar yang dikonsep oleh perusahaan
b.
Persyaratan:
1.
Minimal lulusan S1
2.
Berpenampilan menarik
3.
Mampu berkerjasama dengan manager
4.
Dapat mengaplikasikan Ms.Office dengan baik.
3.7.3.Sistem informasi pemasaran
Membutuhkan 3 orang tenaga kerja
- Tugas :
1. Mengumpulkan data mengenai segala aspek
operasi, pemasaran, penjualan, terutama aspek-aspek yang berkaitan dengan
pelanggan atau calon pelanggan.
2.
Memperkirakan kebutuhan informasi manager, serta
memberikan informasi kepada manager
b.
Persyaratan:
1.
Lulusan S1 manajemen
2.
Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun
3.
Mahir mengoperasikan computer
4.
Aktif berbahasa Inggris
3.7.4.Promosi dan periklanan
Promosi merupakan
kumpulan aktivitas yang memberitahu kebaikan produk dan membujuk pelanggan
sasaran untuk membelinya. Promosi dapat dikategorikan sebagai komponen dalam
campuran pemasaran yang menekankan teknik yang berkesan untuk menjual produk.
Tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 6 orang.
a.
Tugas:
1. Promosi meliputi kegiatan perencanaan,
implementasi dan pengendalian komunikasi dari suatu organisasi kepada konsumen
serta sasaran lainya.
2. Seorang advertaser harus paham
etika periklanan Indonesia, sistim kontrak, solusi, trik-tips mendapatkan
iklan, metode pemasaraan iklan, designer periklanan dan aplikasi komputer yang
berhubungan dengan bidangnya.
b.
Persyaratan
1.
Lulusan S1 Desain atau Komunikasi
2. IPK minimal 2.80.
3.7.5.Penjualan
Tenaga kerja dibutuhkan sebanyak 4 orang.
- Tugas:
1. Membuat strategi pemasaran dan penjualan
2. Menyusun rencana distribusi baik dalam
jangka pendek (1 tahun), jangka menengah (3– 5 tahun), maupun jangka
panjang.
3. Membuat anggaran tahunan, melakukan
pengontrolan dan evaluasi seluruh anggaran yang digunakan oleh tim sales &
marketing.
4. Membuat kebijakan dasar untuk seluruh
tim sales & marketing (review job description dan Standard Operation
Procedure).
5. Mengevaluasi pencapaian target perbulan
b.
Persyaratan
1. Minimum lulusan S1 Sales & Marketing (diutamakan)
2. Memiliki pengalaman kerja sebagai sales
dan marketing
3. Mempunyai jaringan bisnis yang luas
4. Dapat mengoperasikan computer dengan
baik
5. Menguasai bahasa inggris .
3.7.6. Pemasaran
a.
Pengertian Pemasaran
Istilah pemasaran dalam bahasa
Inggris dikenal dengan nama marketing. Asal kata pemasaran adalah pasar=market.
Apa yang dipasarkan ialah barang dan jasa. Memasarkan barang tidak berarti
hanya menawarkan barang atau menjual tetapi lebih luas dari itu, didalamnya
tercakup berbagai kegiatan seperti membeli, menjual, dengan segala macam cara,
mengangkut barang, menyimpan, sortir dan sebagainya.
- Charles F. Philips Ph.D and Delbert J. Duncan Ph.D. dalam bukunya “Marketing Principles and Methods” artinya marketing yang oleh para pedagang diartikan sama dengan distribusi dimaksudkan segala kegiatan untuk menyampaikan barang-barang ke tangan konsumen (rumah tangga) dan ke konsumen industri.
- Maynard and Beckman dalam bukunya Principles of Marketing artinya marketing berarti segala usaha yang meliputi penyaluran barang dan jasa dan sektor produksi ke sektor konsumsi.
- Paul D. Converse and Fred M. Jones (1958) dalam “Indroduction ti Marketing”. Produksi diartikan sebagai pekerjaan menciptakan barang, sedangkan marketing ialah pekerjaan memindahkan barang-barang ke tangan konsumen.
- William J. Shultz (1961) dalam bukunya “Outlines of Marketing. Marketing atau distribusi adalah usaha kegiatan yang menyalurkan barang dan jasa dan produsen dan konsumen.
- Rayburn B Tousley, Ph. D., Eugene Clark, Ph.D., Fred E. Clark,Ph.E (1962) dalam bukunya Principles of Marketing. Marketing terdiri dari usaha yang mempengaruhi pemindahan pemilikan barang dan jasa termasuk distribusinya.
- Paul D. Convers Harvey W. Huege, and Robert V. Mitchell dalam bukunya Elements of Marketing. Marketing didefinisikan sebagai kegiatan membeli dan menjual, dan termasuk didalamnya kegiatan menyalurkan barang dan jasa antara produsen dan konsumen.
Hermawan
Kertajaya(2001) definisi pemasaran telah berkembang pesat dari dulu sampai
sekarang yang dirumuskan sebagai berikut:
a.
Pemasaran adalah menghubungkan penjual dengan
pembeli potensial
b.
Pemasaran adalah menjual barang, dan barang tersebut tidak kembali ke orang
yang menjualnya
c.
Pemasaran adalah memberikan sebuah standar
kehidupan
d.
Tahun 1953 Brech mendefinisikan pemasaran suatu
proses dalam menentukan permintaan konsumen akan barang dan jasa, memotivasi
penjualan, mendistribusikan ke konsumen akhir, dengan keuntungan sebagai imbalannya.
e.
Tahun 1954 Peter Drucker menyatakan pemasaran
bukanlah sekedar perluasan penjualan, pemasaran meliputi keseluruhan bisnis,
dan harus dilihat dari sudut pelanggan.
f.
Tahun 60-an, 70-an, 80-an sekolah pemasaran telah
berkembang dan menerbitkan berbagai buku teks.Tahun 1972 Kotler pemasaran
adalah sekumpulan aktivitas manusia yang ditujukan untuk memfasilitasi dan
melaksanakan pertukaran.
Pada tingkat
bisnis pemasaran adalah untuk segmentasi pasar dan targeting pasar. Unit bisnis
harus lebih menekankan pada karekteristik produk yang akan dipasarkan dan lebih
mengenail kebutuhan, keinginan dan konsumen.
Pada tingkat
Operasional ini berarti marketing in action, para petugas harus melaksanakan
berbagai taktik marketing mix, mencari kombinasi dan bauran yang paling
maksimal.
Konsep Pemasaran :
1.
Kebutuhan , Keinginan dan Permintaan
Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia. Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya.
Keinginan menjadi permintaan bila didukung dengan
daya beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan
kebutuhan; kebutuhan sudah ada sebelumnya. Pemasaran
mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang cocok,
menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang dituju.
2. Produk
Produk
adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan
pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya
tetapi pada jasa yang dapat diberikannya. Oleh karena itu dalam membuat produk
harus memperhatikan produk fisik dan jasa yang diberikan produk tersebut.
3. Nilai Biaya dan Kepuasan
Nilai adalah
perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi
kebutuhannya. Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan
tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberi kepuasan
total paling tinggi. Nilai setiap produk sebenarnya tergantung dari seberapa
jauh produk tersebut dapat mendekati produk ideal, dalam ini termasuk harga.
4. Pertukaran, Transaksi dan Hubungan
4. Pertukaran, Transaksi dan Hubungan
Kebutuhan
dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk
menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk memenuhi
kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran. Pertukaran adalah salah satu
cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan
sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran merupakan proses dan bukan kejadian
sesaat. Masing-masing pihak disebut berada dalam suatu pertukaran bila mereka
berunding dan mengarah pada suatu persetujuan. Jika kesepakatan tercapai maka
disebut transaksi. Transaksi merupakan pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk
kelancaran dari transaksi, maka hubungan yang baik dan saling percaya antara
pelanggan, distributor, penyalur dan pemasok akan membangun suatu ikatan
ekonomi, teknis dan sosial yang kuat dengan mitranya. Sehingga transaksi tidak
perlu dinegosiasikan setiap kali, tetapi sudah menjadi hal yang rutin. Hal ini
dapat dicapai dengan adanya perjanjian serta menyerahkan mutu produk, pelayanan
dan harga yang wajar secara kesinambungan.
5. Pasar
Pasar
terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan
tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan
atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan
penjual melakukan transaksi pada suatu produk.
9.
Pemasaran
Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
3.8.Fungsi Marketing
Fungsi-fungsi marketing yang dinyatakan oleh:
- Function of exchange (fungsi pertukaran), yaitu:
- Selling – penjualan
- Buying – pembelian
- Function of physical (fungsi secara fisik), yaitu:
- Transportation – pengangkutan
- Storage – penyimpangan
- Faciliting function (fungsi yang memberikan fasilitas), yaitu:
- Financing – permodalan
- Risk taking – resiko
- Market information – informasi pasar meliputi pengumpulan komunikasi dan penafsirannya
- Standardization
- Paul D. Converse, Huegy and Mitchell, sebelum menyebutkan beberapa macam fungsi marketing dikatakannya bahwa marketing itu terdiri dari 2 gerakan yaitu:
- Physical movement – pergerakan secara fisik
- Movement of ownership – perpindahan hak milik
Untuk memindahkan barang dan saluran-saluran
distribusi sampai ke tangan konsumen, diperlukan adanya jasa fasilitas, seperti
pembukuan, permodalan dan sebagainya. Oleh karena itu fungsi-fungsi marketing
terdiri dari:
- Movement Ownership – buying and selling (creating possession utility) = Gerakan pemilikan – pembelian dan penjualan (menciptakan kegunaan milik).
- Determining needs (menentukan kebutuhan)
- Creating or stimulating demand (menciptakan dan mendorong permintaan)
- Finding buyers and sellers (menentukan penjual dan pembeli)
- Negotiating prices and terms (perjanjian harga dan cara penyerahan)
- Advice (adjusting goods and services to need of buyers) = memberi advice (menyesuaikan barang dan layanan kebutuhan sesuai dengan kebutuhan konsumen)
- Standardizing
- Transfening tittle (pemindahan milik)
- Movement of goods (creating place and time utility)
- Transporting (penyangkutan)
- Storing (penyimpanan)
- Packing (pengepakan)
- Dividing (pembagian)
- Grading (inspecting and testing as distinct from standardizing) peningkatan mutu
- Assembling (order)
- Market management
- Formulating policies (memformulasikan kebijaksanaan)
- Providing organization (menyiapkan organisasi)
- Providing equipment (menyiapkan peralatan)
- Supervising (pengawasan)
- Financing (providing capital, accepting credit, making collections) permodalan
- Risking (resiko)
- Securing information (especially by accounting and research) mencari informasi
1. Merchandising
Merchandising adalah kebijaksanaan kaum produsen untuk
mendekatkan hasil produksinya kepada selera konsumen, untuk
merchandising ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu:
1) Product
strategy and service, yang termasuk dalam strategi product ini adalah:
- Product development yaitu menciptakan barang baru yang sesuai dengan selera para konsumen.
- Product specialization versus product diversification adalah policy didalam memproduksi bermacam-macam barang atau mengusahakan barang-barang yang bersifat spesialisasi.
- Product branding maksudnya memberi merek kepada barang-barang. Tujuan ini antara lain adalah untuk identifikasi dan untuk proteksi terhadap barang-barang merek lain.
- Product packaging and labeling misalnya menciptakan pembungkusan-pembungkusan atau kaleng-kaleng yang mudah dibuka. Memberi warna-warna yang menarik pada minuman. Misalnya warna minuman lemon yang menarik selera konsumen.
- Product guaranteesand service misalnya membeli barang-barang dengan garansi, kalau rusak bisa diperbaiki lagi.
2) Struktur
organisasi dan service, organisasi adalah organisasi penjualan, metode
penjualan dan service yang diusahakan agar dapat menarik para konsumen.
Misalnya toko benih yng memberikan kaos maupun kalender pada pelanggan tetap.
3) Teknik
memperbesar penjualan adalah penting peranan yang diberikan oleh reklame dan
alat-alat sales promotion lainnya.
4) Siasat
penetapan harga cara ini banyak kita jumpai dalam praktek misalnya toko-toko
yang menetapkan harga-harga murah untuk barang yang dikenal oleh umum, mencari
keuntungan dan penjualan barang yang kurang dikenal oleh umum.
2.
Buying
Jika merchandising memberikan overall plan,
maka pembelian merupakan langkah pertama untuk suksesnya penjualan kelak.
Penjualan akan berhasil baik, bila pembelian dilakukan dengan baik. Dengan
demikian akan diperoleh laba. Bila pembelian salah dilakukan maka menjualnya
susah, akibatnya laba nihil. Misalnya mengadakan pembelian terigu diluar
negeri, bila salah dalam pemilihan kualitet dan transportnya bisa mengakibatkan
kerusakan pada terigu tersebut seperti busuk, membantu dan sebagainya. Dapat
dikemukakan bahwa ada 3 aspek dalam pembelian, yaitu:
- Menentukan kebutuhan
- Mencari penjual yang memilki barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan pembeli.
- Penyelesaian tentang harga dan syarat-syarat lain, dengan demikian akan tercapailah maksud apa yang dikatakan “Good selling begins with good buying” (penjual yang berhasil dimulai dengan pembelian yang baik). Barang yang baik akan laku dengan sendirinya.
3. Penjualan
Fungsi
penjualan merupakan top function dan pada usaha dimana ditentukan selisih
antara input dan output. Dapat dikatakan bahwa bahwa profit adalah element atau
alat untuk mengukur efisiensi dan juga untuk mengukur risk bearing.
4.
Grading and Standardization
Standar terdiri dari suatu daftar
pengkhususan mutu atau sifat bahwa suatu produk memenuhi grade tertentu. Grading
adalah suatu tindakan untuk memisahkan atau meriksa barang-barang menurut
pengkhususan yang telah ditetapkan untuk menentukan gradenya. Grading merupakan suatu
tindakan fisik dan barang-barang.
Standar memungkinkan
pembeli dan penjual mengetahui dengan tepat dan suatu barang. Misalnya kita
kenal standar kualitas kopi, karet untuk ekspor. Untuk mencapal masing-masing
kualitas dilakukan grading, mungkin dengan cara diproses, disortir,
dimasak dan sebagainya.
5.
Storage and Warehousing
Fungsi storage ini
menciptakan time utility yaitu untuk mendekatkan waktu produksi dan waktu
konsumsi. Fungsi ini dapat dilakukan oleh:
a. Perusahaan produk sendiri
b.
Perusahaan
pengangkutan
c. Perusahaan penyimpanan
d. Lembaga-lembaga niaga sendiri
Fungsi storage ini harus ada disebabkan oleh hal sebagai berikut:
- Barang diproduksi menurut musim sedangkan konsumsi berlaku terus menerus
2. Untuk menghindarkan price flutuation
dan kadang-kadang dipakai untuk spekulasi.
- Mengingat bahwa pembelian-pembelian yang terlalu kecil itu tidaklah ekonomis maka dibelilah dalam partai-partai lebih besar, daripada yang dibutuhkan agar terdapat penghematan-penghematan harga pengangkutan dan price reduction.
- Karena sifat dan barang memerlukan storage yang khusus. Misalnya ikan dan daging yang memerlukan suatu alat pengangkutan yang khusus agar tidak lekas busuk.
- Adanya sifat dan barang yang bertambah lama disimpan bertambah naik nilainya. Misalnya wine yang sebelum dijual biasanya disimpan dulu dalam kelder-kelder istimewa untuk memperolah increasesof quality (tambahan atau peningkatan mutu).
6.
Pengangkutan
Fungsi pengangkutan ini
memberikan place utility dan time utility sehingga fungsi pengangkutan ini
merupakan suatu jasa yang ditemukan centre produktif, karena dengan
pengangkutan itu secara geografis dapatlah ditentukan centre produksi dan
centre konsumsi. Pengangkut ini
ada bermacam-macam yaitu:
- Kereta api
- Pengangkutan sungai dan laut
- Pengangkutan motor dan bukan motor
- Pengangkutan pipa
- Pengangkutan udara
- Pengangkutan pos
7.
Pembelanjaan (Financing)
Pembelanjaan dimaksudkan bagaimana usaha
memperoleh modal untuk membelanjai usaha-usaha dalam marketing, moadal untuk
bidang marketing ini di investasi mendirikan pabrik-pabrik. Dalam hal ini
pembelanjaan dan lembaga-lembaga marketing bisa memakai cara : Leverancier’s
credit atau afnemer’s credit (kredit penua) atau (kredit pembeli). Untuk untuk
menjual barang lembaga marketing tidak perlu selalu memakai sistem cash atau
carry.
Maksudnya pembayaran yang di lakukan dalam
tempo 10 hari setelah pembelian di beri discount 2% , tetapi lewat 10 hari
samapi 30 hari tidak diberi lagi. Dan lewat 30 hari pihak pembeli di bebani
bunga sesuai dengan tingkat bunga umum.
8.
Fungsi kointinikasi
Dalam rangka
memperoleh informasi yang cepat dan tepat pada masa sekarang ini, maka fungsi
komunikasi tidak bisa di abaikan. Para pengusaha terutama yang bergerak dalam
bidang marketing, harus selalu menggunakan komunikasi dua arah yaitu arah
bolak-balik antara pengusaha dan konsumen. Pengusaha harus mendapat informasi
dan konsumen misalnya melalui riset,wawancara, dan konsumen mendapat informasi
melalui surat kabar, radio dan media masa lainnya. Kita harus mencoba
mnggunakan jalur komunikasi dengan teknologi yang makin canggih, dan yang
penting harus di jaga sampai timbul misskomunikasi.
9.
Risk taking
Dalam marketing ini kita dapat di jumpai
unsur lag of time, yaitu waktu yang di butuhkan untuk memyampaikan barang dan
produsen ke konsumen. Adanya lag of time, maka pengusaha dalam sektor dagang
inhaerent dengan penanggungan resiko. Resiko dalam lapangan dagang ada
bermacam-macam, antara lain :
- Resiko secara physis
- Resiko karena pencurian
- Resiko karena kematian orang yang mempunyai fungsi strategi
- Resiko dalam credit extension, misalnya kredit tidak dibayar oleh debitur
- Resiko karena marketing situation
Penanggung
resiko di oleh pengusaha bisa di kurangin denagan cara :
- Mengurangi kemungkinan timbulnya resiko
- Shift or risk (menggeser resiko)
Mengurangi kemungkinan
timbulnya resiko dapat di usahakan dengan jalan Good management, yaitu :
- Mengurangi resiko kebakaran dengan gudang fire proot
- Mengurangi pencurian di toko pemakaian cermin atau teralis
- Dengan sistem pembukuan yang baik
Shift of risk
atau memindahkan resiko dapat di lakukan dengan cara :
- Asuransi
- Sistem produksi sell and make (dijual dulu baru di buat/ sistem pesenan) resiko disini pembukuan yang baik
- Sub contracting, yaitu kontaktor yang pertama mengontrakkan lagi kepada kontraktor yang lain
- Hedging (pasar berjangka)
3.6 Saluran Pemasaran
Salah satu definisi saluran pemasaran
di nyatakan oleh (koteler 2000): saluran pemasaran adalah lembaga
yang saling berkait untuk menjadikan produk atau jasa siap di gunakan di
konsumsi. Jadi adalah tugas saluran pemasaran untuk memindahkan
barang dan produsen ke konsumen.
Saluran pemasaran
ini sangat penting bagi produsen, sebab produsen tidak akan sanggup menyalurkan
hasil produksinya sampai ke tangan konsumen. Produsen tidak mungkin
melaksanakan sendiri penyaluran hasil produknya, karena tidak efesien,
modal investasi besar, pengawasan lebih sulit, banyak personil, dan sebagainya.
Mereka sulit menjangkau daerah geografis yang begitu luas.
Bagi produsen
menggunakan saluran pemasaran bebas akan sangat bermanfaat , karena saluran
pemasaran ini akan berfungsi sebagai :
- Pemberi informasi tentang keadaan lapangan, adaya saing, penerimaan konsumen, selera konsumen.
- Penyalur dapat mengadakan promosi yang turut membantu kelancaran pemasaran, atau produsen menyelenggarakan promosi sendiri, yang sangat membantu usaha penyalur.
- Negoisasi, dilakukan oleh penyalur dengan pihak konsumen, tentang harga, sistem penyaluran.
- Pembiayaan dilakukan sendiri oleh penyalur dan dalam beberapa hal dapat bekerjasama dengan produsen dengan penyediaan kredit perdagangan.
IV. KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Dari pembahasan makalah ini kita dapat
mengambil suatu kesimpulan bahwa untuk dapat memenangkan persaingan dalam
pemasaran terlebih dahulu manajemen pemasaran harus mengetahui situasi apa yang
sedang dialami oleh perusahaan sebelum menentukan strategi apa yang yang cocok
digunakan untuk menghadapi situasi tersebut.
Dalam konsep pemasaran modern banyak
perusahaan yang mengacu pada bauran pemasaran di dalam merancang program
pemasarannya. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan
saluran distribusi mempunyai peranan yang sangat penting guna mensukseskan
program pemasaran dari suatu perusahaan.
4.2 Saran
Pada pembahasan ini menjelaskan pengertian
pemasaran dari berbagai pandangan para ahli, termasuk juga tujuan dan fungsi
marketing. Dengan demikian diharapkan mahasiswa khususnya dan masyarakat pada
umumnya menjadi paham tentang bagaimana melakukan kegiatan persaingan pemasaran
manajemen marketing.
Demikianlah makalah ini penulis buat, semoga
apa yang disajikan memberikan ilmu dan informasi. Selanjutnya kesempurnaan
makalah ini penulis mohon saran dan kritik guna memperbaiki kesalahan
dikemudian hari.
V.
DAFTAR PUSTAKA
Permana Jaka. 2012. Pengantar Manajemen. Bandung : Sarwayasa Print.
kumpulan Makalah Manajemen. 2012, 25 Juni. Marketing Mix.
kumpulan Makalah Manajemen. 2012, 25 Juni. Marketing Mix.
LAMPIRAN
Tabel 1. Daerah penyebaran palawija
Komoditi
|
Daerah Penyebaran
|
% Penyebaran
|
Jagung
Hibrida
|
Jawa Barat
|
40%
|
Banten
|
20%
|
|
Jawa Timur
|
20%
|
|
Jogjakarta
|
20%
|
|
Jagung
Komposit
|
Jawa Tengah
|
35%
|
Jawa Barat
|
40%
|
|
Jogjakarta
|
25%
|
|
Kedelai
|
Jawa timur
|
44%
|
Jawa barat
|
35%
|
|
Jawa Tengah
|
21%
|
Tabel 2. Daerah penyebaran hortikultura
Komoditi
|
Daerah Penyebaran
|
% Penyebaran
|
Cabai
|
Bandung
|
35%
|
Ciwidey
|
30%
|
|
Magelang
|
35%
|
|
Tomat
|
Lembang
|
30%
|
Malang
|
45%
|
|
Bandung
|
25%
|
BIAYA PROMOSI DALAM
SATU TAHUN
|
||||||
KOMPONEN
|
KAPASITAS
|
SATUAN
|
VOLUME
|
SATUAN
|
BIAYA
|
TOTAL
|
Iklan TV
|
30
|
detik
|
60
|
kali
|
Rp 250.000
|
Rp
450.000.000
|
Majalah
|
1
|
edisi
|
4
|
kali
|
Rp 80.000.000
|
Rp
320.000.000
|
Kaos
|
|
|
500
|
pcs
|
Rp 27.500
|
Rp
13.750.000
|
Kalender
|
1
|
lembar/tahun
|
600
|
lembar
|
Rp 2.700
|
Rp 1.620.000
|
Banner
|
3m x 1m
|
|
1
|
lembar
|
Rp 45.000
|
Rp 45.000
|
Pameran:
|
|
|
|
|
|
|
a. Kaos
|
|
|
20
|
pcs
|
Rp 27.500
|
Rp 550.000
|
b. Banner
|
3m x 1m
|
|
1
|
lembar
|
Rp 45.000
|
Rp 45.000
|
c. Bahan dan alat
|
|
|
|
|
|
Rp 500.000
|
d. Konsumsi
|
|
|
6
|
orang
|
Rp 20.000
|
Rp 120.000
|
Penyuluh:
|
|
|
|
|
|
|
a. Tenaga penyuluh
|
|
|
6
|
kali
|
Rp 500.000
|
Rp 3.000.000
|
b. Bahan dan alat
|
|
|
|
|
|
Rp 500.000
|
c. Transportasi
|
|
|
6
|
kali
|
Rp 50.000
|
Rp 300.000
|
SUB
TOTAL
|
|
Rp
790.430.000
|
Tabel 3.
Investasi :
Alat
|
Komponen
|
Keterangan
|
Truk
|
merk
|
hino dutro 130 hdps kap 30 ton
|
|
volume
|
5
|
|
satuan
|
Buah
|
|
harga satuan
|
Rp
275.500.000
|
|
total
|
Rp
1.377.500.000
|
|
umur ekonomis
|
5
|
|
biaya penyusutan
|
Rp
275.500.000
|
Tabel 4.
Pengeluaran pemasaran
TOTAL
PENGELUARAN PEMASARAN
|
|
Biaya
Promosi
|
Rp 790.430.000
|
Kebutuhan
solar
|
Rp 5.033.325
|
Biaya
penyusutan
|
Rp 275.500.000
|
Investasi
|
Rp 1.377.500.000
|
TOTAL
|
Rp 2.448.463.325
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar